Ayumajakuning

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Realisasikan Program Gelang Mas Kaki

kacenews.id-INDRAMAYU-Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel serta peran aktif masyarakat dalam penyusunan kebijakan pelayanan publik dimulai sejak penyusunan kebijakan sampai dengan evaluasi kebijakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu dan unsur terkait membahas Forum Konsultasi Publik (FKP) di aula Gedung Disdukcapil setempat.

Kepala Disdukcapil Indramayu, Akhmad Budiharto mengatakan, sejauh ini Disdukcapil Kabupaten Indramayu mempermudah layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat yang mengurus pembuatan adminduk.

“Kami selalu berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang mengurus pembuatan adminduk,” katanya.

Untuk itu, kata dia, mengajak para pihak untuk mengedukasi masyarakat bahwa proses pelayanan adminduk mudah, gratis dan proses cepat selama diurus sendiri dengan persyaratan lengkap.

“FKP baru pertama kali dilaksanakan, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi agenda tahunan, ” terang dia.

Inovasi layanan adminduk, Dukcapil Mlayu (melayani langsung masyarakat Indramayu) jenis pelayanan tersebut terbagi 8 item yakni Labu Mas-Ayu (layanan adminduk bengi minggu ning alun-alun indamayu).

Kop-Eling Massayu (kolaborasi pelayanan keliling bagi masyarakat Indramayu), Dukcapil Cepon (dukcapil cepat respon), Pendil Mas (pelayanan adminduk masuk sekolah), Laka Masalah (layanan KIA masuk sekolah).

Gelang Mas Kaki (gerakan layanan langsung masyarakat KK, Akta Lahir dan KIA), Dukcapil Berkah (administrasi kependudukan bagi keluarga baru menikah) dan Pendil ASN (pelayanan adminduk bagi ASN) yang dilakukan setiap hari Selasa di Minggu pertama dan ketiga setiap bulannya.(No)

Related Articles

Back to top button