PDAM Tirta Darma Tuntaskan Keluhan Pelanggan

kacenews.id-INDRAMAYU-Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu tangani pengaduan konsumen melalui layanan I-Cate merupakan layanan pengaduan pada setiap kantor Cabang dan unit.
Berdasar data dari bagian Humas Perumdam Tirta Darma Ayu menyebutka, jumlah pengaduan konsumen masuk melalui I-Ceta dan layanan pengaduan mandiri mencapai 10 pengaduan setiap harinya.
Aduan yang dominan dari konsumen terkait dengan kondisi air yang keruh, kebocoran pipa Parsil, dan tidak tersalurnya air bersih ke konsumen.
Kondisi tersebut seperti yang dialami H Nono Haryono, salah seorang konsumen Perumdam Tirta Darma Ayu di perumahan Girya Ayu. Nono mengeluhkan air bersih yang tidak keluar sama sekali pada saat siang hari.
Sekalipun keluar hanya pada waktu-waktu tertentu, atau pada malam hari. Kondisi ini, ia alami sudah berjalan lama.
“Banyu e Boro boro ngucur. Netes gah beli. Arep lapor, lapor Ning sapa,” keluh Nono kepada sejumlah awak media.
Karena itu, dirinya, langsung melaporkan secara mandiri melalui kantor unit PDAM Balongan.
Namun, tidak kurang dari satu jam, tim Dermayu Banyu Sehat (DEBAS) lengkap dengan peralatannya langsung mendatangi rumah pensiunan PLN tersebut.
Diperoleh informasi, penyebab tidak lancarnya air bersih di kediamannya dikarenakan bocornya pipa Persil yang menghubungkan saluran yang ada di rumahnya.
Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Ady Setiawan yang didampingi Plt Manager Humas Perumdam Tirta Darma Ayu, Dedi Rohaedi mengakui sejak ada program I- Ceta yang terpantau langsung Kuasa Pemegang Modal (KPM) yang juga Bupati Indramayu Hj Nina Agustina, setiap pengaduan dari konsumen langsung ditindaklanjuti.
Menurut Ady, aplikasi I -Ceta yang digagas Bupati Nina ini sangat membantu konsumen dalam mengatasi persoalan dan kendala penyaluran air bersih di tingkat konsumen, sehingga dari mulai jajaran manajemen Perumdam Tirta Darma Ayu hingga 14 kantor cabang dan unit dapat segera merespon keluhan dari konsumen.
“Respon cepat dari tim Dermayu Banyu Sehat dalam mengatasi aduan dari konsumen ini akan terus ditingkatkan,” jelas Ady Setiawan.(Di)