Optimalkan Layanan Front Office, DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik
kacenews.id-CIREBON-Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon terus melakukan optimalisasi pelayanan.
Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian DPPKBP3A, Endang Setiasih mengungkapkan pihaknya telah mengoptimalkan Front Office (FO) melalui “TOPENG” (Terintegrasi, Optimal, Efektif, Nyaman dan Gesit).
Pasalnya, keadaan ini terlihat dari beberapa aspek yang banyak memengaruhi, salah satunya kualitas pelayanan, dari sisi sistem, sarana prasarana, maupun sumber daya manusia.
Menurutnya, ini merupakan isu strategis yang berdampak langsung pada kualitas pelayanan publik. Kondisi ini menyebabkan masyarakat kesulitan dalam mengakses informasi, menyampaikan pengaduan, serta mengurus layanan. Sehingga sering menimbulkan kebingungan terhadap prosedur dan alur layanan.
“Ini bermula dari melihat dan pengalaman yang langsung saya rasakan, saat itu ketika masyarakat ingin melakukan pengaduan, konseling atau tamu yang ingin bertamu merasa kebingungan, karena kantor kami belum memaksimalkan peran Front Office, makanya saya maksimalkan ini,” kata Endang, Minggu (16/11/2025).
Ia mengaku, dulu front office sudah ada, namun kurang efektif, maksimal dan tata letaknya kurang representatif, maka masyarakat yang ingin melakukan konseling maupun yang lainnya kebingunan.
Idealnya, lanjut Endang, pelayanan publik harus cepat, jelas, ramah, dan terintegrasi. Namun kenyataannya, fungsi tersebut belum berjalan maksimal, karena keterbatasan petugas khusus, sarana prasarana, serta standar operasional yang belum tertata.
“Kalau di loby ada orang sih bisa bertanya, tapi kalau tidak ada orang, kan jadi masyarakat kebingungan, makanya di aksi perubahan kepemimpinan pengawas (PKP) angkatan III di pusat pembelajaran dan strategi kebijakan talenta ASN Nasional LAN RI ini mengaplikasikan dan memaksimalkan peran front office,” katanya.
Selain itu, pihaknya juga membantu mengintegrasikan ke semua bidang-bidang yang ada di DPPKBP3A. Hal tersebut sesuai dengan tema Terintegrasi, Optimal, Efektif, Nyaman dan Gesit.
“Kita ingin semua terintegrasi, memberikan lelayanan yang otimal, kemudian masyarakat dan pihak dinas lebih efektif, tempat pelayanan front office yang dibikin nyaman dan representatif, dan gesit dengan pelayanan yang cepat,” tuturnya.
Aksi perubahan ini disusun sebagai bentuk implementasi kepemimpinan perubahan dalam rangka mendukung reformasi birokrasi, khususnya pada aspek pelayanan publik, dan selaras dengan nilai-nilai dasar ASN yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (BerAKHLAK).
Aksi ini juga selaras dengan Asta Cita Presiden ke-1 dan ke-4, memperkuat pelayanan publik berbasis SDM unggul dan teknologi. “Dampaknya, pelayanan menjadi lebih cepat, ramah, dan efisien, kepuasan masyarakat meningkat serta citra Dinas PPKBP3A semakin baik,” ucapnya.(Junaedi)





