Warga Beber Tak Lagi Bingung Urus KTP, Cukup WA saja ke Mama Camat,

kacenews.id-CIREBON-PEMERINTAH Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon membuat saluran “Lapor Mama Camat Beber” untuk mempermudah masyarakat mendapatkan segala pelayanan.
Camat Beber Kabupaten Cirebon, Jois Putra mengatakan, dibuatnya saluran Lapor Mama Camat Beber ini, terinspirasi terhadap masyarakat yang selalu menanyakan segala pelayanan di wilayahnya.
“Kita membuat Lapor Mama Camat Beber Ini terinspirasi karena ada banyak warga yang WA ke saya. Secara pribadi, hanya sekadar menanyakan KTP sudah jadi belum dan kapan jadinya. Akhirnya saya terinspirasi, sehingga kita buat saluran biar nanti masyarakat tidak susah untuk mendapatkan layanan,” katanya, Selasa (27/5/2025).
Selain itu, kata Jois, pihaknya ingin mempermudah masyarakat agar mereka lebih efesien dan efektif untuk mendapatkan pelayanan yang yang optimal di Kecamatan Beber.
“Supaya masyarakat lebih efisien dan efektif untuk mengurus perizinan baik itu administrasi kependudukan maupun lainnya. Masyarakat juga bisa langsung dari rumah tanpa meninggalkan pekerjaannya,” kata Jois.
Lebih lanjut, Jois mengatakan ada dua saluran yang dibuat oleh Pemerintah Kecamatan Beber untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, yang pertama Lapor Mama Camat Beber dan yang kedua tentang berita terkait Kecamatan Beber.
“Jadi ada dua saluran untuk mempermudah masyarakat mengakses pelayanan yang ada di Kecamatan Beber, tinggal WA semua akan di layani. Sedangkan untuk layanan Lapor Mama Camat Beber ada katalog perizinan.
Jadi masyarakat, kalau ingin misalnya mau buat KIA untuk anaknya, apa saja syaratnya cukup lihat di katalog itu, nanti ada persyaratannya,” katanya.
“Apabila misalnya masyarakat yang sudah perekaman KTP, terus ingin menanyakan KTP-nya sudah jadi belum, cukup WA ke nomor lapor Mama Camat Beber,
maka nanti kita akan jawab, misalnya sudah jadi silahkan tinggal diambil, atau misalnya belum jadi nanti kita infokan belum jadi,” imbuhnya.
Jois juga menyebut dalam katalog di Lapor Mama Camat Beber ini,ada nomor penting yang bisa diakses oleh masyarakat yang membutuhkan.
“Jadi kalau misalnya ada kebakaran di situ, ada nomor sektor Pos Damkar Greged. Terus ada PLN Cilimus, terus ada BBBD, ada PJU. Jadi cukup klik di situ nomor-nomor penting ada. Apalagi kemarin pemda sudah melaunching 112 ya untuk kegawatdaruratan, nanti kita masukkan. Intinya kita mempermudah layanan kepada masyarakat,” katanya.(Junaedi)