Ragam

Masa Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 3 Cirebon Layani 338.855 Pelanggan

 

 

 

 

kacenews.id-CIREBON- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon berhasil melayani 338.855 pelanggan selama 22 hari pelaksanaan angkutan Lebaran 2025.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin mengungkapkan, pada masa angkutan Lebaran 2025 Daop 3 Cirebon melayani 338.855 orang meliputi pelanggan yang berangkat/naik dari stasiun wilayah Daop 3 sebanyak 165.270 orang dan pelanggan yang datang/turun sebanyak 173.585 orang. Adapun sebaran pelanggan di KA Jarak jauh Komersil sebanyak 147.211 dan di KA jarak jauh PSO sebanyak 18.059.

“Capaian ini mencerminkan peran KAI sebagai penyedia layanan transportasi publik yang terus diandalkan masyarakat dalam mendukung mobilitas selama musim mudik dan arus balik Lebaran” katanya.

Menurutnya, puncak kedatangan pemudik pada masa angkutan Lebaran terjadi pada 29 Maret 2025 dengan jumlah pemudik sebanyak 11.148 pelanggan yang datang. Sementara itu puncak arus balik terjadi pada 2 April 2025, dengan jumlah pelanggan sebanyak 12.318 orang.

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, setiap harinya Daop 3 Cirebon mengoperasikan 159 KA penumpang dengan rincian KA reguler sebanyak 137 KA dan KA tambahan Lebaran sebanyak 22 KA.

“Selama 22 hari masa angkutan Lebaran 2025 Daop 3 Cirebon menjalankan sebanyak 3560 KA. Semua operasional perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran berjalan aman, lancar, tidak ada hambatan atau zero accident. Ini terbukti dengan capaian kinerja On Time Performane (OTP) perjalanan KA untuk ketepatan keberangkatan KA tercapai 99,35 % dan untuk ketepatan kedatangan KA tercapai 98,48 % ” tuturnya.

Ia menyebutkan, selama masa angkutan Lebaran terdapat lima stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon yang melayani pelanggan tertinggi yaitu Stasiun Cirebon melayani sebanyak 134.235 pelanggan, Stasiun Cirebonprujakan melayani sebanyak 59.462 pelanggan, Stasiun Jatibarang melayani 42.682 pelanggan, Stasiun Brebes melayani 38.408 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis melayani 22.834 pelanggan.

“Kami akan terus konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan KA, agar kereta api tetap menjadi moda transportasi andalan yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” katanya.(Fa)

 

Related Articles

Back to top button